Rabu, 18 September 2013

Menko Kesra Kunjungi Pengungsi Sinabung





Kabanjahe, Menko Kesra Agung Laksono, Selasa (17/9) meninjau Posko Tanggap Darurat  Gunungapi Sinabung, di Kabanjahe, Kabupaten Karo, dimana jumlah pengungsi terus meningkat. Agung Laksono mengatakan, langkah yang harus diambil setelah letusan adalah penyelamatan manusia, kemudian diikuti kaji cepat dimana masalah kesehatan dan dapur umum harus terjamin. 
"Bila diperlukan, Pusat akan merapat," kata Agung Laksono di Kabanjahe.Menko Kesra juga meminta Bupati Karo agar segera membentuk BPBD Kabupaten Karo. Pada kesempatan ini BNPB menyerahkan bantuan siap pakai sebesar Rp 300 juta yang diserahkan Menko Kesra pada Bupati Karo melalui Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

Dalam kunjungannya, Menkokesra mendapat laporan dari Dandim Karo/Komandan TD Letkol Kav. Meyer Putong, sampai hari ini jumlah pengungsi 7.542 orang yang diungsikan di 12 titik: Jambur Sempakata (2308), Klasis GBKP (547), GBKP Kota/Gedung KKR (300), GBKP KOTA/Gedung Serbaguna (220), Jambur Payung (1700), Klasis barastagi (1560), Mesjid Agung (182), Zentrum (339), GBKP Simpang VI (36), Paroki (50), Jambur Tuah Lopati (200), Gedung KNPI (100).
Hadir dalam rombongan antara lain Staff Kusus Menko Kesra Leo Nababan, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial Kemenko Kesra Willem Rampangilei. Sementara untuk wilayah Karo, hadir Bupati Karo Kena Ukur Karo Jambi Surbakti, Dandim Karo Letkol Kav. Meyer Putong, dan  Kapolres Karo AKBP Albert Sianipar.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, pada pukul 12.30 wib Gunung Sinabung kembali meletus dengan ketinggian 3.000 m dari puncak kawah. Sebelumnya tidak ada tremor sejak Senin siang hingga Selasa. Tiba-tiba gunung meletus membawa asap hitam keabuan dan menimbulkan hujan abu di beberapa tempat. Dinas PU melakukan pendistribusian air bersih dari PDAM kesemua titik pengungsian. Dinsos provinsi droping makanan siap saji sebanyak 1500 bungkus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar